Menghitung Masa Kehamilan Dengan Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Dengan menghitung usia kehamilan , bumil atau ibu hamil dapat mengetahui perkembangan pada janin yang ada dalam kandungannya serta dapat mengetahuai apa yang dibutuhkan oleh sijabang bayi selama proses kehamilan.  Pada umunya jangka waktu kehamilan adalah selama 37 sampai 42 minggu atau 280 hari (dihitung rata – rata 40minggu).  

masa kehamilan
masa kehamilan

Ada berbagai rumus yang digunakan untuk menghitung jangka waktu kehamilan tersebut :

  1. Rumus Naegele

Franz Karl Naegele seorang warga jerman yang menemukan rumus ini . Kemudian rumus ini dipatenkan dengan nama penemunnya yakni Naegale, berikut perhitungannya :

Tahun : Tetap

Bulan : ditambahkan 9

Hari:ditambahkan 7

atau bisa juga

Tahun: ditambahkan 1

Bulan:dikurangi 3

Hari:ditambah 7

Contoh perhitungannya :

21 Februari 2017 misalnya itu adalah hari pertama haid terakhir anda maka perhitunggannya sebagai berikut :

Tahun : 2017 (tetap)

Bulan: 2+9 = 11

Hari:21+7=28

Kesimpulannya bayi anda akan lahir pada 28 November 2017.

  1. Rumus Parikh.

Rumus ini ditemukan karena rumus Naegale mempunyai kelemahan, Rumus Naegale hanya bisa diterapkan pada seorang wanita yang siklus menstruasinya persis 28 hari tidak kurang atau lebih. Lantas bagaimana kepada wanita siklus menstruasinya tidak teratur?, maka rumus parikhlah yang digunakan untuk siklus menstruasi yang tidak teratur. Berikut perhitungannya .

Hari perkiraan lahir = HPHT + 9 bulan +(lama siklus haid –  21 hari)

Contoh penerapan rumus Parikh

Hari pertama haid terakhir (HPHT) pada tanggal 1 februari 2017 . Jika siklus haidnya 27 hari , pertama hitung dulu dengan rumus Naegale untuk menemukan hari perkiraan lahir.

HPHT + 9bulan+(27-21)hari = 15 November 2017.

Apakah Hasil tersebut akurat?

Hari pertaa haid terakhir memanglah bukan menjadi patokan yang tepat untuk mengkalkulasikan tanggal kelahiran sibuah hati, oleh karena itu perhitungan waktu kehamilan dengan menggunakan kalkulator kehamilan tidak benar – benar akurat hanya sebagai gambaran untuk memprediksi kapan bayi anda akan lahir untuk menyiapkan segala sesuatunya apalagi jika siibu mempunyai pekerjaan. Gunakanlah pemeriksaan USG untuk memperkuat atau menunjang perhitungan pribadi anda menggunakan 2rumus diatas.