Manfaat Biji Pepaya yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Pepaya dalam bahasa Jawa disebut Kates ini merupakan pohon berbuah yang awal mulanya berasal dari Meksiko dan juga Amerika bagian selatan. Buah Pepaya jika sudah matang bisa langsung dimakan, dagingnya empuk, dan rasanya manis. Sangat bagus untuk untuk dikonsumsi sebagai tambahan gizi. Sedangkan buah Pepaya muda, maupun daunnya bisa juga dimasak dan digunakan sebagai sayuan. Daun Pepaya juga umumnya digunakan sebagai bahan obat herbal untuk terapi pada penyakit tertentu.

manfaat biji pepaya

Manfaat Biji Pepaya yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Pohon Pepaya biasanya memiliki cabang yang sedikit, dan pohon tak begitu tinggi. Ketinggiannya rata-rata mencapai 5-10 meter. Bila pohon Pepaya umumnya diambil buah dan daunnya untuk dikonsumsi, ternyata biji buah pepaya juga bagus dikonsumsi, terutama bila diramu dan dikonsumsi untuk pengobatan.

Baca Juga: Efek Samping Bawang Dayak

Berikut ini adalah beberapa manfaat Biji Pepaya bagi kesehatan tubuh:

Mencegah Parasit

Tak jauh berbeda dengan manfaat dari buah pepaya, ternyata bijinya pun juga bisa bermanfaat bagi kesehatan, karena terkandung enzim protiolotik dalam Biji Pepaya yang berfungsi dalam membantu membersihkan tubuh dari parasit. Biji Pepaya juga mengandung alkaloid anthelmintik yang efektif untuk membunuh cacing, parasit dan amuba.

Melancarkan Pencenaan

Terdapat zat papain dalam Biji Pepaya yang fungsinya ialah untuk membersihkan saluran pencernaan dalam tubuh. Sehingga sistem pencernaan dalam tubuh semakin lancar dengan mengkonsumi Biji Pepaya.

Mengobati Ssirosis Hati

Sirosis hati adalah suatu keadaan hati yang menyusut dan keras. Ini biasanya disebabkan karena kebiasaan mengkonsumsi menuman beralkohol. Penyakit ini berdampak pada fungsi hati yang kurang efektif dalam menghilangkan racun dari tubuh. Maka dari itu, Biji pepaya ini digunakan sebagai obat untuk mengatasi sirosis hati.

Membunuh Sel Kanker

Biji Pepaya juga mengandung isothiocyanate yang berfungsi untuk mengobati kanker usus besar, paru-paru, payudara, leukimia dan kanker prostat. Sehingga, mengkonsumsi Biji Pepaya dapat mengurangi risiko kanker dan serta dapat membunuh sel-sel kanker secara alami.

Mencegah Infeksi Virus

Virus yang berada dalam tubuh dapat merusak organ-organ tubuh. Nah, Biji Pepaya mengandung zat anti virus yang efektif untuk mengobati infeksi virus.

Mencegah Inflamasi

Inflamasi adalah peradangan organ tubuh. Biasanya bagian tubuh yang mengalami peradangan akan membengkak dan berwarna kemerah-merahan. Biji pepaya berkhasiat untuk mengurangi peradangan dan pembengkaka tersebut.

Perlindungan Pada Ginjal

Berdasarkan penelitiannya, bahwa ekstrak Biji Pepaya efektif melindungi Ginjal dari racun-racun yang berdampak buruk pada Ginjal yang mengakibatkan gagal Ginjal.

Mengatasi Cacingan

Ternyata kandungan zat dalam Biji Pepaya juga memiliki fungsi yang bagus untuk membasmi cacing penyebab utama cacingan dalam tubuh.

Mengatasi Masalah Uban

Uban akan muncul pada seseorang yang sudah beranjak tua, dan juga diakibatkan karena penuaan dini serta masalah kesehatan lainnya pada kulit kepala. Dengan mengoleskan Biji Pepaya di bagian kepala yang beruban secara rutin dipercaya dapat mengobati dan menghambat tumbuhnya rambut putih atau uban tersebut.

Baca juga: Manfaat Biji Selasih

Demikianlah manfaat Biji Pepaya bagi kesehatan tubuh. Bilamana umumnya Biji Pepaya dibuang karena dianggap tidak sebagai sampah, maka kini anda tahu bahwa Biji Pepaya memiliki manfaat yang cukup banyak.