Daftar Jenis Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Tak sedikit ibu hamil yang mengalami kekurangan darah. Bisa dibilang sekitar 50% ibu hamil mengalami anemia. Dan dokter biasanya menyuruh untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menambah darah.

makanan penambah darah untuk ibu hamil

Jenis Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Lalu, jenis makanan apa sajakah yang bagus untuk ibu hamil agar tidak sampai mengalami kekurangan darah? Karena kesehatan kandungan juga dipengaruhi kesehatan sang ibu. Oleh karena itu, agar bayi dalam kandungan sehat selalu, maka ibu harus menjaga kesehatannya, menjaga pola makannya, dan mengkonsumsi nutrisi yang cukup.

Baca juga: Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Banyak ibu hamil yang menderita anemia dikarenakan kurangnya asupan gizi yang memiliki fungsi membantu pembentukan sel-sel darah merah pada janinnya. Padahal sebenarnya bayi sangat membutuhkan nutrisi yang berguna untuk membentuk sel-sel darah merahnya. Untuk proses pembentukan sel darah merah, maka ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan asam folat. Minimal setiap hari ibu hamil harus mengkonsumsi zat besi 30 mg.

Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Dan fungsi dari hemoglobin sendiri adalah untuk membawa oksigen dari organ paru-paru dan menyebarkannya ke seluruh tubuh supaya tubuh tidak gampang lemas, loyo, ataupun lesu.

Nah, jika demikian, makanan apa saja yang kaya akan kandungan zat besi dan asam folat? Berikut ini adalah daftar makanan penambah darah untuk ibu hamil.

1. Sayuran Hijau
Ada banyak sayuran berdaun hijau, diantaranya seperti: daun singkong, bayam, sawi, kangkung, brokoli, kol, dan lain sebagainya. Sayuran-sayuran tersebut sangat kaya akan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menambah kebutuhan gizi pada tubuh ibu hamil

2. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan memiliki manfaat yang besar dalam membantu meningkatkan darah. Jenis kacang-kacangan yang bagus untuk dikonsumi ibu hamil antara lain adalah: kacang tanah, kacang almond, kacang kedelai, kacang polong, kacang lentil, dan lain sebagainya. Kandungan zat besi dalam kacang kedelai sangatlah tinggi, karena setiap 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi.

3. Telur dan Jeroan
Kuning telur dan jeroan seperti hati ayam dan juga ampela mengandung protein, mineral, termasuk juga zat besi, dan vitamin B yang cukup bagus untuk meningkatkan darah. Perlu anda ketahui, bahwa hati ayam mengandung asam folat yang cukup tinggi yakni 578 mcg.

4. Daging
Daging sapi segar yang berwarna merah mengandung zat besi yang banyak. Setiap 100 gram daging sapi terkandung 2,8 mg zat besi. Mengkonsumsi daging dapat meningkatkan darah dengan cepat. Maka sebaiknya jangan mengkonsumsi daging secara berlebihan, untuk menghindari darah tinggi.

5. Sea Food
Ikan dari laut mengandung asam folat yang tinggi. Selain jenis ikan, kepiting dan udang juga bermanfaat untuk meningkatkan darah.

6. Buah-Buahan
Mengkonsumsi buah-buahan sangat bagus untuk menambah nutrisi bagi ibu hamil. Buah-buahan tidak hanya dibutuhkan tubuh setiap hari karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, tetapi juga efektif untuk menambah darah. Adapun jenis buah yang banyak mengandung zat besi dan asam folat, diantaranya ialah: apel, jeruk, persik, tomat, pisang, alpukat, strowberry, kismis, melon, semangka, dan pepaya.

Baca juga: Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan

Demikianlah pembahasan mengenai daftar jenis makanan penambah darah untuk ibu hamil. Mengkonsumsi makanan tersebut secukupnya untuk kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil. Lebih bagus bila mengkombinasikan makanan tersebut atau yang disebut dengan istilah food combining.